Lombok Update News
The news is by your side.

Meriahnya HUT Desa Batu Jangkih Dirangkaikan Dengan Puncak Roah Dise, Sajikan Kuliner Seribu Nampan Makanan Khas Sasak

0 198

Lombok Tengah, (lombokupdatenews) – Dalam rangka memperingati hari jadi Desa Batu Jangkih Kecamatan Praya Barat Daya Lombok Tengah yang ke 21 tahun berbagai event dan kegiatan akan digelar pihak desa.
Berbagai kegiatan yang akan di gelar ini menurut Kepala Desa Bat Jangkih Saurim .S IP(10/06/24) kepada media mengatakan bahwa kegiatan tersebut dalam rangka ucapan syukur atas segala yang di anugerahkan dan keberhasilan dalam setiap pembangunan di Desa Batu Jangkih.

“Sebagai bentuk rasa syukur kami masyarakat Desa Batu Jangkih dalam memperingati hari ulang tahun desa ,maka kami selenggarakan berbagai macam kegiatan hal ini juga sebagai bentuk rasa terima kasih kepada semua lapisan masyarakat Desa Batu Jangkih yang telah memberikan fikiran dan sumbangsihnya dalam pembangunan yang selama ini dilaksanakan di desa.”ungkap Kepala Desa yang baru saja menerima penghargaan Nasional dari Kementran Kemenkumham RI ini.

Ditambahkan Saurim, berbagai macam kegiatan memerihakan HUT Desa Batu Jangkih tersebut seperti , Budaya Persesan yang akan di laksanakan selama 10 hari yang yang akan di ikuti oleh puluan pepadu dan peserta dari wilayah kabupaten dari Lombok Tengah dan peserta undangan dari Kabupaten Lombok Barat.

“Kegiatan bergengsi Budaya Peresean ini juga akan berlangsung selama 10 hari, akan di hadiri jago jago pepadu dibidang olah raga Tradisional Sasak Peresan dari Lombok Tengah maupaun dar Lombok Barat, kegiatan ini dilaksanakan sejak 5 hingga 18 Juni 2024 mendatang” jelasnya.
Kemudian kegiatan selanjutnya dalam rangka memeriahkan HUT Desa Batu Jangkih dilanjutkan dengan Tournamen sepak bola antar Dusun se Desa Batu Jangkih, yang juga dipastikan akan di laksanakan lebih meriah ,pasalnya menurut Saurim di ikuti oleh semua kalangan masyarakat desa baik dari kalangan pemuda maupun yang tua.
Tidak berakhir sampai disana, lantunan ayat ayat suci Al Qur’an juga di perdengarkan melalui lomba STQ tingkat Desa Batu Jangkih, dimana kegatan STQ ini juga sebagai rangkaian untuk menjaring Tahfiz tahfiz muda berbakat untuk di saring kembali guna membawa nama baik desa untuk melanjutkan ke STQ tingkat Kecamatan. Kabupaten bahkan ke tingkat Provinsi NTB maupun Nasional nanti.

Acara puncak peringatan hari ulang tahun Desa batu Jangkih 21 tersebut akan ditutup dengan agenda syukuran dengan melaksanakan Rowah Desa yang akan di laksanakan serta di pusatkan ke giatannya di lapangan umum bajang bahagia Desa Batu Jangkih.
“Pada acara puncak rangkain HUT Desa Batu Jangkih ini ,kita akan melaksanakan Roah Desa dengan tema Begibung Siu (seribu) dimana konsep roah desa ini di hadiri dari semua lapisan masyarat desa, dengan menyajikan kuliner masakan khas tradisonal Sasak Desa Batu Jangkih yang juga menyediakan 1000 nare (nampan) yang di atasnya di sajikan makanan khas desa untuk kita santap serta nikmati bersama.”jelasnya.
Kegiatan Roah Desa ini sebagai bentuk puncak rasa syukur atas berkah dan nikmat yang diberikan Allah SWT kepada masyarakat Desa Batu Jangkih dan Lombok Tengah pada umumnya, dalam setiap keberhasilan pembangunan yang di berikan selama ini.

“puncak rasa syukur kami masyarakat desa dengan memberikan apresiasi melalui Roah Dese , yakni dengan meyajikan seribu nampan kuliner makanan khas sasak, yang akan di nikmati dan disantap bersama seluruh masyarakat Desa Batu Jangkih, dan mudahan kegiatan puncak ini nanti akan di lirik dan masuk museum rekor Indonesia” terangnya sambal tersenyum.
“Dan harapan kami lewat acara roah desa begibung siu ini adalah utk mohon keslamatan desa dari segala balaq musibah dan untuk lebih maju serta lebih sejahtera. Dan kedepan untuk lebih menumbuhkan kembangkan kesadaran akan pentingnya budaya Sasak begibung’’tutupnya (Lu01)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More