Lombok Update News
The news is by your side.

Askab PSSI Loteng Jaring Nahkoda Baru

0 252

lLombok Tengah (lombokupdatenews) – Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) Lombok Tengah (Loteng) mencari nahkoda baru yang akan mengisi kepengurusan Cabang Olahraga (Cabor) bergensi ini selama empat tahun mendatang. Pemilihan pengurus yang bakal dilakukan melalui kongres atau Musyawarah Daerah (Musda) tersebut, bakal digelar pada Sabtu, 12 Juni mendatang. Namun sejumlah tahapan sudah dimulai.

Sebelumnya, beredar kabar bahwa pemilihan pengurus Cabor yang sebelumnya dinahkodai Bupati Loteng HL. Pathul Bahri tersebut bakal diundur. Namun informasi tersebut diluruskan Sekretaris Komite Pemilihan Pengurus Askab PSSI Loteng, Nurhamsi Kurniawan di Praya, Selasa (25/5) kemarin.

“Pelaksanaannya tetap 12 Juni 2021 tapi yang berubah proses atau tahapannya. Itu karena menyesuaikan pelaksanaan Kongres Asprov PSSI NTB,” jelas Nurhamsi.

Dikatakannya, berdasarkan aturan yang ada sesuai statuta PSSI, kongres ini akan memperebutkan 7 pengurus inti Askab. Yakni posisi ketua, wakil ketua dan 5 anggota komite eksekutif atau Eksecutive Committee (Esco). Adapun calon dari ketujuh pengurus inti ini kata dia, berasal dari utusan 112 klub sepak bola yang ada di Loteng. Dimana, kesemuanya terdiri dari liga 1 berjumlah 16 klub, liga 2 berjumlah 28 klub dan liga 3 68 klub.

Nantinya, per klub akan mengajukan 3 nama anggotanya sebagai calon kepada komite pemilihan. Sejak pendaftaran dibuka pada Senin 24 Mei lalu, baru beberapa klub yang sudah menyerahkan blangko atau formulir pendaftaran yang berisikan 3 nama itu. Yang mana, ketiga nama itu harus jelas posisi yang diusulkan oleh klub. Apakah sebagai ketua, wakil ketua dan anggota eksekutif.

“Yang penting sudah memenuhi kriteria, bisa dicalonkan terutama bagi posisi ketua dan wakil ketua. Seperti sudah berpengalaman minimal tiga tahun pernah berkompetisi di dunia sepak bola bersama klub jajaran PSSI dan mempunyai pengalaman leadership di lembaga pemerintahan atau swasta,” bebernya.

Nurhamsi menambahkan, untuk 112 klub itu kini sebagian besar sudah menerima blangko pendaftaran. Hanya saja, baru beberapa klub yang telah mengembalikan blangko atau formulir. Tapi jika melihat tahapan pendaftaran, masih ada waktu sampai Senin 31 Mei mendatang. Karena setelah 31 itu komite sudah melakukan tahapan selanjutnya yakni tahapan verifikasi nama-nama yang sudah mendaftar. Kemudian baru setelah itu, yakni pada tanggal 2 Juni, komite akan rapat perihal hasil verifikasi dan penetapan calon yang lolos atau tidaknya sebagai calon.

“Pada tahapan ini, kita sekaligus memberikan balasan balik kepada semua klub atas jawaban formulir yang telah mereka serahkan kepada kami di komite,” ujar Manager Klub PS Joker dan Jontlak Football Academy (JFA) ini.

“Memang agak sulit, karena mengacu pada statuta PSSI. Komite akan cukup capek saat proses verifikasi karena akan menelaah berkas ratusan nama yang diajukan 112 klub itu,” sambungnya.

Lebih lanjut pria asal Kelurahan Jontlak ini mengutarakan, bahwa tahapan berikutnya yakni merilis secara resmi hasil verifikasi komite dan nama-nama ketujuh kandidat pengurus inti Askab PSSI Loteng pada tanggal 4 Mei. Termasuk melegalkan para calon yang akan bersaing melalui Surat Keputusan (SK) komite. Selanjutnya, mulai tanggal 5 hingga 11 Mei, diberikan waktu bagi para calon untuk mensosialisasikan diri kepada 112 klub yang memiliki suara.

“Yang memiliki hak suara itu para manager klub. Kita persilakan pada tanggal 5 hingga 11 Mei, para calon memperkenalkan diri kepada para pemilik suara,” ungkapnya.

Untuk itu, Nurhamsi berharap semoga dengan adanya kongres ini bisa membuat PSSI tetap eksis dan terus mengorbitkan atlet-atlet sepak bola yang kompeten. Selain itu, ia berpesan kepada para kandidat yang ingin mencalonkan diri, agar memahami bahwa apapun hasilnya nanti itulah yang terbaik. Dan dengan semangat yang dimiliki oleh PSSI semoga klub-klub yang sudah tergabung di PSSI terus berprestasi, semakin menjadi lebih baik dan menjadi kebanggaan Loteng. Hingga pada akhirnya bisa membawa harum nama kabupaten.

“Kami di komite sangat berharap siapapun yang berniat mencalonkan diri, semoga amanah dan bisa membawa PSSI lebih baik ke depan,” pungkasnya. (Lu-01)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More