Lombok Update News
The news is by your side.

Belasan Mobil Sport Jajal Sirkuit Mandalika, Buktikan Sirkuit Layak Gelar Balap Roda Empat

0 118

Lombok Tengah (Lombokupdatenews) – Sirkuit Mandalika Lombok Tengah nampaknya sudah bisa menggelar event balap mobil Roda Empat.
Hal ini dibuktikan dengan Belasan Mobil Sport yang mulai menjajal Sirkuit Mandalika, dalam ajang Mandalika Privat Track Day, yang diikuti oleh Mobil jenis Lamborgini, Ferari, Porsche, Mclaren, BMW, dan PAC Mono, Jum’at (7/4).

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association Priandhi Satria merasa sangat senang dengan kedatangan komunitas seperti ini, yang baru pertama kali datang untuk menjajal Sirkuit Mandalika.

“Ini bisa membuktikan kepada komunitas kendaraan roda empat lainnya, bahwa Sirkuit Mandalika bisa dan layak untuk dipakai balap roda empat,” ujarnya.

Dijelaskan, ada 15 kendaraan Luxury Sport Car dari berbagai daerah seperti Jakarta, Semarangn dan Surabaya. Dan mereka juga berjanji akan rutin menjajal Sirkuit Mandalika kedepannya.

“Rencananya mereka akan mengadakan beberapa kali kegiatan menjajal Sirkuit Mandalika di tahun ini, karena mereka sudah bikin club sendiri,” jelasnya.

Terkait kesiapan Sirkuit Mandalika untuk gelaran balap Roda Empat, saat ini proses homologasi dengan FIA yang sudah dua kali datang melakukan inspeksi track Sirkuit Mandalika. Dari hasil inpeksi FIA ada beberapa catatan yang harus dibenahi di Sirkuit agar bisa digunakan untuk ajang balap mobil.

“Dari semua rekomendasi FIA, bisa kami kerjakan dengan mudah, namun yang paling susah yakni track limit yakni di luar lintasan garis putih dipasangin kayak Polisi tidur. Itu yang kita minta sistem bongkar pasang,” tambahnya.
Sistem bongkar pasang Track Limit ini bisa memudahkan penyelenggaran nantinya jika ada gelaran balap motor, track limit ini bisa di bongkar dan akan kembali di pasang pada saat ajang balap mobil.

“Kita masih memastikan dengan FIM bahwa apa yang akan kita pasang, tidak akan menghilangkan homologasi dari FIM,” imbuhnya.

Lebih lanjut, jika modifikasi ini disetujui para pihak mulai dari FIA, FIM dan IMI, MGPA membutuhkan waktu 1 sampai dua bulan untuk implementasi terutama untuk track limit.

“Jika kita kerjakan Mei dan Juni, baru pada bulan Juli hasil impelementasinya kita laksanakan semua. Kemudian kita undang lagi FIA untuk datang menginspeksi hasil pemasangan,” cetusnya

Jika nantinya FIA datang pada bulan Juli untuk inspeksi terakhir lalu kemudian mereka setuju. Sekitar satu dua minggu mereka akan memberikan surat bahwa Sirkuit Mandalika diberikan Homologasi Grade 2 oleh FIA.

“Dengan demikian, maka gelaran Balap Mobil di Sirkuit Mandalika, bias digelar sebelum ajang MOTOGP Bulan Oktober mendatang,” tandasnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More