Lombok Update News
The news is by your side.

Cegah Penyebaran Nyamuk Demam Berdarah Di Wilayah Binaan, Babinsa Kawal Tim Puskesmas Lakukan Fogging

0 65

Lombok Tengah, (lombokupdatenews) – Upaya pencegahan penyebaran penyakit demam berdarah di wilayah binaan terus dilakukan, Babinsa Gonjak Pelda Hamdi bersama aparat desa dan tim Puskesmas melakukan kegiatan fogging (Pengasapan) di Lingkungan Karang Bejelo, Kelurahan Gonjak, Kecamatan Praya Kabupaten Lombok Tengah.

Pemoggingan tersebut dilakukan sebagai langkah preventif dalam menghadapi ancaman penularan virus yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti yang sangat membahayakan dan meresakan masyarakat.

“Fogging ini dilakukan di area-area yang diidentifikasi sebagai lokasi tinggi penyebaran nyamuk. Kami bekerja sama dan mengawal dengan petugas kesehatan untuk memastikan cakupan fogging yang optimal dan efektif.” ujar Babinsa Gonjak saat kawal pemoggingan Senin, (24/6/2024).

Menurutnya, Pemoggingan tersebut merupakan bagian dari program rutin yang dikoordinir secara bersama antara TNI AD dan pemerintah desa setempat, bertujuan untuk mengurangi populasi nyamuk dewasa yang menjadi vektor utama penularan virus demam berdarah.

Kepedulian dan atisipasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan sangat diperlukan. “Kami mengimbau seluruh warga untuk aktif dalam membersihkan genangan air dan melakukan pengelolaan sampah yang baik, sebagai langkah pencegahan tambahan selain fogging yang rutin kami lakukan,” ucapnya.

Selain itu, tim Puskesmas setempat juga turut memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sebagai upaya pencegahan utama. Mereka juga mengingatkan pentingnya menggunakan kelambu saat tidur dan mengenakan pakaian yang menutupi tubuh secara sempurna untuk mengurangi risiko gigitan nyamuk.

Upaya kolaboratif antara Babinsa, aparat desa, dan tim Puskesmas melakukan pengasapan ini diharapkan dapat mengurangi penyebaran nyamuk demam berdarah di Desa gonjak.

“Langkah-langkah preventif seperti fogging dan edukasi kepada masyarakat menjadi kunci dalam memutus rantai penularan penyakit yang dapat berbahaya ini,” terang Hamdi.

Di samping itu, pemerintah desa juga harus terus memantau perkembangan situasi kesehatan masyarakat secara berkala untuk segera mengambil langkah-langkah responsif jika diperlukan.

“Kami berharap semua pihak berkomitmen untuk melindungi kesehatan masyarakat khususnya di desa Gonjak dari ancaman penyakit yang disebabkan oleh nyamuk demam berdarah,” tandasnya.(Lu01)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More