Lombok Update News
The news is by your side.

Dampak Kekeringan,  Warga Gunakan Air Sungai Kotor Untuk Mencuci

0 91

Lombok Tengah, lombokupdatenews – Warga yang tinggal di dusun Batu Gulung Desa Semoyang Kecamatan Praya Timur Lombok Tengah, terpaksa memanfaatkan air sungai yang kotor untuk mandi dan mencuci pakaian.

Hal ini dilakukan lantaran sumur yang menjadi sumber air warga mengering akibat kemarau panjang.

“Ya terpaksa karena nggak ada air lagi, nggak tau mau nyari kemana lagi,” ujar Linep ditemui saat mencuci pakaian di kali. Selasa (19/9).

Ia mengaku, dirinya bersama warga lainnya selalu memanfaatkan air sungai yang kotor itu untuk memenuhi kebutuhan air bersihnya. Karena saat ini tidak ada lagi air yang bisa digunakan, setelah sumur warga mengering akibat musim kemarau.

“Sudah dua bulan ini kering, jadi warga sekitar sini selalu mandi dan mencuci di sungai ini,” jelasnya.

Linep menegaskan, air sungai hanya dimanfaatkan untuk mandi dan mencuci saja, sementara untuk memasak dan minum, hanya mengandalkan bantuan air bersih dari BPBD dan PDAM Lombok Tengah.

“Air di kasih dari tangki itu, dua kali seminggu untuk memasak dan minum saja,” tegasnya.

Kendari menggunakan air sungai yang kotor dan bercampur sampah untuk mandi dan mencuci, namun  dirinya tidak khawatir dengan penyakit yang ditimbulkan karena mereka sudah terbiasa memanfaatkan air sungai ketika musim kemarau.

“Sudah biasa warga mandi dan mencuci disini setiap musim kemarau, karena memang tidak ada pilihan lain,” tutupnya. (Lu-02)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More