Lombok Update News
The news is by your side.

DPP Hiptal NTB Bersama Gubernur Tinjau Langsung Petani Tembakau Yang Terdampak Banjir

0 104


Mataram, (lombokupdatenews) – Sarjan Lepak, sebagai perwakilan dari Dewan Pimpinan Pusat ( DPP ) Petani Tembakau ( HIPTAL ) NTB bersama Gubernur Provinsi NTB yang didampingi Asisten II Bidang Perekonomian, Setda NTB meninjau lokasi tanaman tembakau yang terdampak banjir di daerah Lombok Tengah dan Lombok Timur.

Berdasarkan rilis dari data yang ada luas area untuk tanaman tembakau yang terkena banjir di wilayah Lombok Tengah dan Lombok Timur sekitar 9000-10.000 hektar

” Luas area tanaman tembakakau yang terkena banjir di wilayah Loteng dan Lotim sekitar 9000 bahkan hampir mencapai 10.000 hektar, namun setelah dikroscek kembali terdapat belasan ribu hektar tanaman tembakau yang terkena banjir untuk wilayah Loteng dan Lotim,” ungkap Sarjan Lepak selaku Sekjen Dewan Pimpinan Pusat ( DPP );Petani Tembakau Lombok Tengah ( HIPTAL ) NTB.

Menyikapi hal ini, Sarjan melanjutkan bahwa, Pemprov NTB beberapa minggu yang lalu langusung melakukan sikap sigap, tanggap dan melaksanakan rapat terbatas yang dipimpin langsung oleh Asisten II Prov. NTB Bapak Dr. H. Fathul Gani, M.Si, dengan hasil kesepakatan yakni menyikapi tembakau yang banyak mati akibat diterjang banjir , dengan kemudian pada saat itu juga diluarkan mesin rajang,guna merajang kembali sejumlah tembakau yang masih dapat dilakukan rajang untuk mengurangi beban petani akibat gagal panen sebab terjangan banjir, kemduian dilanjutkan dengan proses pemberian Banntuan Langsung Tunai ( BLT ) untuk para petani di wilayah wilayah yang terkena imbas banjir sekitar Kabupaten Lombok Tengah dan Lombok Timur

” Khusus untuk wilayah Lombok Timur setelah saya konfirmasi kemungkinan besar untuk bantuan BLT akan dicairkan pada bulan Agustus ini untuk Petani Tembakau dan Buruh Tani Tembakau,” kata Sarjana kepada awak media.

” Terkait dengan musibah yang terjadi berulang-ulang pada tiga kali musim tanam tembakau ke depannya pihaknya akan mendorong pemerintah dengan harapan agar pemerintah bisa memiliki langkah-langkah sigap, tanggap apabila ada para petani terkena musibah. Ketika musibah banjir datang. Dalam hal ini terhadap banjir yang menimpa petani tembakau, pemerintah sudah ada langkah sigap, tanggap yang dilakukan secara aturan dan regulasinya oleh Pemprov serta Pemkab. “

Terkait dengan musibah banjir, memang pemerintah tidak pernah menginginkan serta tidak dapat memprediksi hal ini terjadi. Pemprov dengan dukungan melalui Dewan Pimpinan Pusat ( DPP ) Himpunan Tembakau Lombok ( HIPTAL ) NTB mendorong agar bersikap, sigap dan tanggap,” imbuhnya.

Sehingga, lanjut Sarjana Petani tembakau tidak merasa tidak dihiraukan oleh pemerintah

Kebetulan akhir bulan Juli ini sudah banyak petani tembakau panen, dan harga berdasarkan survey dilapangan harga tembakau cukup bagus. Seperti contoh tembakau kering lapangan atau disingkat TKL daun bagian bawahnya sudah cukup bagus dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya biasanya di kisaran Rp. 20.000 ( dua puluh ribu rupiah ) satu kilo artinya Rp. 2. 000.000 ( dua juta rupiah ) per kwintal itu untuk kering lapangannya.

Terkait tembakau yang layu akibat terkena banjir tersebut harganya juga cukup bagus, dimana di kisaran Rp. 3.000.000 ( tiga juta rupiah) hingga Rp. 4.000.000 ( empat juta rupiah) untuk tembakau rajangan. Sementara saat ini, petani tembakau sudah mulai panen sekitar 30 persen baik itu tembakau rajangan maupun omprongan.

“Berdasarkan hasil survey di lapangan tembakau cukup bagus yang bisa menguntungkan petani,” jelasnya.

Lebih jauh Sarjana mengatakan dengan naiknya harga tembakau juga berdampak terhadap keamanan yang bisa menyebabkan kerugian artinya pihaknya juga temukan di beberapa lokasi tanaman tembakau mengalami kecurian tembakau di sawah, hal ini lah yang masih menjadi pertanyaan pihaknya , apa sebab dan kenapa hal tersebut bisa terjadi.

Namun Menurut pihaknya hal tersebut bisa terjadi karena disebabkan beberapa faktor diantaranya akibat musibah banjir beberapa minggu yang lalu sehingga banyak tembakau yang mati di daerah selatan selanjutnya faktor harga tembakau yang saat ini dan pada menjelang musim panen cukup bagus.

“sehingga dari itu kami dari DPP HIPTAL NTB menghimbau kepada seluruh petani tembakau yang ada di wilayah Loteng, Lotim, Lobar, KLU agar mengantisipasi hal yang bisa menyebabkan kecurian tembakau, dan perlu kontrol dan pengawasan yang ketat pada malam hari terutama lokasi tanaman tembakau yang jaur dari pemukiman penduduk,” Tutupnya.

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More