Lombok Update News
The news is by your side.

Entah Berkah Atau Teguran, 459 International Motocross Circuit kirimi Warga Air Hujan Yang Menggenangi Sejumlah Rumah Warga

0 318

Lombok Tengah, NTB (lombokupdatenews)  –  Air hujan yang mengguyur sebagian besar daerah utara  wilayah Kabupaten Lombok Tengah,beberapa hari ini nampaknya cukup berimbas terhadap warga ,bagaimana tidak beberapa rumah warga tergenang air, akibat luapan air hujan yang cukup deras  mengguyur  sebagian besar wiayah dusun Lantan Daye desa lantan Kecamatan Batukliang Utara Lombok Tengah  kemarin sore (17/05/2022).

Menurut warga air hujan tersebut merupakan kririman banjir yang berasal dari sircuit Motocross  459 yang  tepat berada persis di sebelah rumah warga, dari kejadian tersebut setidaknya 3 bangunan  rumah dan  1 dapur milik  warga  terendam banjir.

Salah seorang warga , amaq Jamiq menceritakan saat kejadian dririnya cukup panic melihat  air telah masuk menggenangi pekarangan,bahkan telah masuk ke dalam rumah miliknya sehingga dirinya tak kusa untuk membendung derasnya air tersebut masuk menggenangi pekarangan rumah miliknya.

” Air yang bercampur lumpur dan bebatuan yang cukup deras mengalir lewat jalan Hotmix mengalir deras di sepanjang jalan dan memasuki pemukiman rumah saya dan sebagian rumah warga lainya.” tuturnya.

Sehingga lanjut amq jamiq setelah melihat kejadian tersebut banyak warga yang juga ikut panic mencoba  membantu dengan menggunakan alat seadanya berusaha mengalihkan jalur air,namun karena airnya cukup deras, warga cukup  kewalahan, akibatnya seluruh halaman rumah amaq jamik tertutup penuh dengan air dan material pasir bercampur lumpur dan batu apung yang terbawa air hujan.

Tidak hanya itu ,banjir air hujan kiriman sirkuit Motocross 459 lantan tersebut  juga  merendam dan menghanyutkan  sejumlah warga petani kopi Desa Lantan  yang sedang  menjemur biji kopi mereka dihalaman rumah mereka masing masing ,sehingga kerugian  warga petai kopi  akibat banjir kiriman tersebut ditaksir mencapai ribuan rupiah.

“ Sampai saat ini kami sejumlah pemilik rumah ,masih dalam keadaan  shock dan  sedikit trauma, kami takut bila hujan datang kembali  nanti  maka banjir  yang sama akan kami  alami lagi .” ungkap Husnul khatimah  salah satu pemilik rumah.

Material batu apung dan lumpur yang terbawa air hujan dengan ketebalan kurang lebih 10 cm masih memenuhi pekarangan rumah dan menjadi pemandangan yang tidak enak serta mengganggu aktivitas pemilik rumah.

Mendengar Laporan warga tersebut Kepala Dinas PU dan Tata ruang  Kabupaten Lombok Tengah,  L. Rahadian  didampingi  Kepala Desa Lantan, tadi pagi bergerak cepat (18/05/2022 ) langsung  meninjau rumah serta  kondisi warga yang terkena banjir.

Setelah melakukan pengecekan lokasi ,Rahadian  berjanji akan segera menyelesaiakan permaslaahn tersebut dengan  pembuatan drainase,guna mengalihkan jalur buangan air yang berasal dari Sircuit Motocross menuju titik rendah yang lebih aman,sehingga banjir kiriman tersebut tidak lagi berimbas menggenagi rumah warga sekitar sirkuit 459.(Lu03)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More