Lombok Update News
The news is by your side.

Hindari Banjir, Warga Rusak Jalan Awang-Kuta Mandalika

0 198

Lombok Tengah (lombokupdatenews)– Warga Dusu Songgong Desa Merta Kecamatan Pujut, merusak ruas jalang penghubung Awang menuju Kawasan Kuta Mandalika Juma’t malam (10/12).

Jalang yang dekat pintu masuk Kuta Mandalika terpaksa dirusak warga karena jalan tersebut menghalangi aliran air ke saluran irigasi yang mengarah ke laut, sehingga mengakibatkan rumah milik warga sekitar terendam banjir.

“Memang sengaja dijebol sama warga sekitar kemarin malam, kalau tidak air bisa merendam rumah kami,” ujar Sadar, salah satu warga sekitar.

Mereka juga menyoroti pembangunan jalan, yang tanpa perencanaan sistem drainase yang tepat, sehingga mengakibatkan air tidak bisa mengalir dan menyebabkan puluhan rumah warga terendam.

“Dulu kita sudah ingatkan untuk membuat saluran drainase yang lebih besar, namun tidak diindahkan oleh mereka,” jelasnya.

Sementara, kepala Desa Mertak Mohammad Sahnan mengatakan, malam itu terjadi hujan lebat di wilayahnya sehingga air kiriman dari hulu menuju hilir tertahan dan membuat puluhan rumah warga terendam banjir.

“Karena masyarakat panic banjir merendam rumah, akhirnya mereka membongkar jalan tersebut sehingga arus air mengalir ke laut,” katanya.

Ditambahkan, perusakan jalan tersebut murni dilakukan terpaksa, karena itu merupakan satu-satunya cara agar air bisa mengalir, sehingga banjir tidak menimbulkan kerugian bagi masyarakat sekitar.

“Banjir sampai pinggang, akhirnya masyarakat menjebol menggunakan alat berat untuk menghindari kerugian yang lebih banyak,” tandasnya. (Lu-02)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More