Lombok Update News
The news is by your side.

Irdam IX/Udayana Tinjau Program Unggulan Pembuatan Pompa hydram Untuk Masyarakat.

0 64

Lombok Tengah, (lombokupdatenews) – Inspektur Kodam (Irdam) IX/Udayana, Brigadir Jenderal TNI Harfuddin, melakukan kunjungan kerja ke wilayah Kodim 1620/Loteng dalam rangka mengecek pemeliharaan pembuatan pompa Hydram oleh Kodim 1620/Loteng di dusun nyeredep, Desa Aik Bual, kecamatan Kopang, Lombok Tengah.

Peninjauan ini bertujuan untuk meninjau langsung kondisi keberadaan kedua lokasi pompa yang merupakan salah satu program unggulan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendukung ketahanan pangan wilayah.

Dalam kunjungannya Irdam IX/Udayana ke lokasi pembuatan pompa didampingi langsung oleh Kasdim 1620/Loteng Mayor Inf Lalu Muhammad Syukur, Pasiter Dim Kapten Inf Ali Murtono, Danramil 03/kopang Kapten Inf Dewa Made Genjong Dan juga Babinsa Aik Bual Serka Kuwurudin.

“Ini adalah solusi inovatif yang diinisiasi oleh Kodim 1620/Loteng untuk membantu masyarakat yang kesulitan akan kebutuhan air untuk kebutuhan sehari hari,” ujar Brigjen Harfuddin di lokasi pompa Hydram Aik Bual Selasa, (14/5/2024).

Menurutnya, Pompa hydram ini berfungsi sebagai alat pengangkut air tanpa menggunakan bahan bakar maupun listrik, dan pompa ini memanfaatkan energi dari aliran air untuk mendorong air naik ke tempat yang lebih tinggi, sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk keperluan irigasi pertanian dan kebutuhan air sehari-hari.

Selain itu, Brigjen TNI Harfuddin juga menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap inovasi yang dilakukan oleh Kodim 1620/Loteng beserta jajarannya yang sangat peduli akan kebutuhan masyarakat.

“Pompa hydram ini merupakan solusi yang sangat tepat untuk membantu masyarakat dalam mengatasi masalah ketersediaan air, terutama di daerah-daerah yang sulit dijangkau oleh sumber air,” ucap Brigjen Harfuddin.

“Karena Inovasi pompa ini juga sejalan dengan visi TNI untuk selalu hadir dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat,” tambahnya.

Sementara, Haji Niswan salah satu warga dusun nyeredet mengungkapkan, rasa syukur dan terima kasih atas inisiatif yang dilakukan oleh Kodim 1620/Loteng yang telah menghadirkan pompa Hydram sebagai solusi untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan air.

“Kami sangat terbantu dengan adanya pompa hydram ini. Air menjadi lebih mudah diakses dan ini sangat membantu dalam kegiatan pertanian kami,” kata H. Niswan salah satu warga dusun nyeredet.

Peninjauan dan pengecekan pompa oleh Irdam dilakukan secara detail, mulai dari bagaimana alur proses penyedotan air, kapasitas air yang dikeluarkan hingga berapa jumlah kk yang bisa dialiri air oleh pompa, serta pengecekan kualitas dan efektivitas alat pompa yang di pasang.

Harapannya, utamakan pentingnya pemeliharaan dan keberlanjutan program pompa ini agar manfaatnya dapat dirasakan dalam jangka panjang bagi masyarakat Lombok Tengah.

“Semoga dengan adanya program pembuatan pompa hydram ini, diharapkan kesejahteraan masyarakat Lombok Tengah khususnya dusun nyeredet Desa Aik Bual dapat meningkat, sekaligus menjadi contoh bagi wilayah lain untuk menerapkan teknologi serupa demi kemajuan dan kemandirian masyarakat,” tandas Irdam IX/Udayana.(Lu01)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More