Lombok Update News
The news is by your side.

Pelatihan Pokdarwis Karang Sidemen, Dalam Proses Mengimbangi Paradigma Berpikir dan Alternatif Tourism Pelaku Wisata

0 78

Lombok Tengah, NTB (lombokupdatenews)
– Dalam rangka meningkatkan kwalitas pelayanan wisata, Pemerintah Desa Karang Sidemen dan Pokdarwis menggelar Pelatihan peningkatan SDM bagi anggota dan pelaku wisata.(Sabtu,29/10/2022)

50 peserta pelatihan ini terdiri dari anggota Pokdarwis dan pelaku usaha wisata sedesa Karang Sidemen yang bertempat di kantor Desa Karang Sidemen Kecamatan Batukluang Utara Lombok Tengah.

Tokoh Pokdarwis Selendang Biru Rinjani Irwan Afandi dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa kerjasama Pemerintah dan Masyarakat sangat diharapakan dalam pengembangan wisata di Desa Karang Sidemen dalam menyikapi perkembangan desa wisata.

” yang tidak kalah penting dari fisik adalah roh kepariwisataan agar nanti yang akan ditampilkan ke wisatawan bisa sustainable/ atau berkelanjutan.” jelasnya

Lebih jauh menurutnya adalah pada posisi saat ini Desa Wisata Karang Sidemen bisa berkiblat pada Bali dan Yogyakarta di mana destinasi juga didukung oleh budaya tradisional setempat yang tentunya hal ini akan menjadi unsur penting dalam menambah masa tinggal wisatawan.
Di mana baiknya bahwa pada tahun 2020-2021 lebih fokus pada penguatan kelembagaan. Dan untuk tahun 2022 diharapkan bisa meningkat pada pembuatan paket wisata.

“memasuki tahun 2022 berhentilah berpikir dalam konsep hanya membangun fisik saja tapi, mari kita semua mulailah untuk berpikir bahwa budaya dan Ekonomi Kreatif bisa menjadi komoditi juga.” ujar Irwan afandi

Sementara Kepala Desa Karang Sidemen Yuda Praya Cindera Budi dalam sambutanya berpesan agar terus meningkatkan kreativitas dan inovasi serta perlunya pembekalan atau pelatihan peningkatan SDM kepada semua anggota dan pelaku pariwisata mengingat Desa Wisata Karang Sidemen nantinya akan ada pembangunan kereta Gantung menuju Gunung Rinjani yang tentunya masyarakat Desa Karang Sidemen di tuntut untuk lebih mengutamakan pelayan atau service sesuai dengan SOP dan kearifan lokal agar para wisatawan betah berlama- lama tinggal dan berlibur di Desa Wisata kita.ungkapnya

“,Ke depan diharapkan peran pihak ke- 3 dan desa bisa mengembangkan destinasi wisatanya agar kunjungan wisatawan tidak hanya berkunjung ke obyek wisata danau biru saja namun di sepanjang jalur menuju kereta gantung, mulai dari pintu masuk Desa Karang Sidemen mereka ( tamu) sudah disuguhkan dengan pemandangan dan destinasi lain sepanjang jalur menuju Kereta Gantung”, tambah Kades Karang Sidemen.

Dalam pelatihan ini menghadirkan beberapa
Narasumber, diantaranya Amir Suhudul HM, S.Sos pejabat dinas pariwisata Kabupaten Lombok Tengah, dirinya juga berharap dan berpesan dalam kepada anggota Pokdarwis dan pelaku wisata desa Karang Sidemen untuk terus berinovasi baik dalam berpikir ataupun dalam berimanjinasi dan meningkatkan system pelayanan kepada tamu yang datang berkunjung.
“, Desa karang sidemen termasuk dalam urutan terbaik Desa Wisata kabupaten Lombok Tengah data hasil Assessment tahun 2022, Sukses itu di mulai dari ke inginan dan Istikomah ” sebutnya

Kemampuan meyakinkan orang dan berkomunikasi yang baik adalah hal yang paling utama dalam promosi pariwisata, dan yang diharapkan dalam usaha wisata adalah memberikan peluang kepada masyarakat untuk mendapatkan manfaat dari kegiatan pariwisata.

Beberapa Desa Wisata yang akan di usulkan Bertaraf Internasional di Kabupaten Lombok Tengah salah satunya adalah Desa Wisata Karang Sidemen.

“Pengembangan wisata tidak identik dengan membangun objek, tetapi lebih ditekankan kepada peningkatan Pemberdayaan Masyarakat melalui kepariwisataan , Pengembangan desa wisata sangat penting membangun kemitraan dengan Pokdarwis dan Biro Perjalanan Wisata dan lain -lain.”tutupnya(Lu03)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More