Lombok Update News
The news is by your side.

Petani Ikan,Butuh Pelatihan Pembuatan Pakan

0 286

Lombok Tengah (lombokupdatenews) – Semenjak masuknya perusahaan ikan di Desa Lantan Kecamatan Batukliang Utara, kini banyak lahan sawah pertanian masyarakat beralih fungsi menjadi Kolam Ikan.
Potensi Perikanan di Desa Lantan sangat menjanjikan karena di dukung dengan sumberdaya air dan lahan yang tersedia, sehingga membuat masyarakat tergiur dengan keuntungan yang sedikit lebih menguntungkan dibanding menanam padi atau palawija.
“Namun kendala yang dihadapi petani ikan saat ini adalah kasus kematian ikan yang tidak bisa di kendalikan membuat petani ikan geleng kepala,”tutur Ahmad Safaat salah satu petani ikan
Disatu sisi, beberapa petani ikan berharap ada perhatian pemerintah dan pembinaan serta pelatihan pembuatan pakan ikan guna mengatasi ketergantungan pakan ikan di perusahaan.
“Selama ini kita ambil pakan ikan di perusahaan mitra, sehingga kita tidak bisa memntukan harga tawar ikan lebih tinggi dari biasanya,” jelasnya.
Pemerintah Desa Lantan melalui sekretaris desa Abdul Karim mengatakan akan bersurat ke Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lombok Tengah untuk meminta bantuan Dinas agar petani ikan di berikan pelatihan pembuatan pakan ikan dan cara bertani ikan yang baik, guna mengatasi permasalahan petani ikan.
“Untuk mendukung petani ikan supaya lebih maju maka pemerintah Desa pun juga tahun ini telah menganggarkan anggaran untuk pelatihan pembuatan pakan ikan dan bantuan sarana yg dibutuhkan, kedepannya juga pemdes juga akan mendorong untuk budidaya ikan hias karna melihat minat yang cukup banyak dari peminat nya,” ungkapnya.(Lu06)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More