Lombok Update News
The news is by your side.

PNM Gelar Klasterisasi Kerajinan Bambu

0 115

Lombok Tengah, lombokupdatenews –  PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melalui Divisi program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) menyelenggarakan pembukaan klasterisasi usaha kerajinan bambu di Dusun Nyanggi Desa Montong Gamang Kecamatan Kopang Lombok Tengah. (29/7).

Pelatihan klasterisasi usaha ini melibatkan 33 nasabah Mekar dengan mendapatkan pendampingan oleh PNM PKU.

Pelatihan ini merupakan bentuk komitmen pendampingan PNM dalam membangun hubungan emosional dan memberikan pendampingan usaha kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah sebagai bekal untuk mendapatkan pengetahuan baru yang dapat berdampak kepada kemajuan usaha serta peningkatan ekomoni nasabah.

Selain itu, Pelatihan ini bertujuan mendorong para nasabah PNM agar dapat meningkatkan pengetahuan tentang kerajinan bambu dengan menambah edukasi dan ilmu baru. Kemudian peserta juga didampingi untuk belajar kerajinan bambu dengan berbagai anyaman sehingga menjadiproduk yang baik dan menarik yaitu lampu hias, sampul pot bunga, keranjang sampah, dan lain-lain.

“Tujuan utama dari pelatihan ini adalah bisa memperluas pemasaran usaha peserta agar dapat masuk ke dalam pasar lokal, nasional, dan online yang bisa menambah kesejahteraan keluarga sehingga nasabah PNM naik kelas,” kata Pemimpin PT PNM Cabang Mataram. Ade Cresna

Ade menambahkan,  pelatihan ini merupakan salah satu bentuk dari tiga modal PNM. Dalam mendukung pertumbuhan ultra mikro dan UMKM, PNM memberikan tiga modal yaitu finansial, intelektual dan sosial.

“Modal financial diberikan melalui pembiayaan usaha produktif, sedangkan modal intelektual melalui pendampingan antara lain pelatihan, berbagi info dan pengalaman. Sedangkan modal sosial, PNM membangun kepedulian nasabah melalui jejaring usaha dan sinergi bisnis yang mampu membantu percepatan usaha nasabah,” jelasnya.

Sebagai informasi, hingga hingga30 Juni 2023 PNM telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp33,31 T kepada Nasabah PNM Mekaar yang berjumlah 14.667.860 juta Nasabah. Saa tini PNM memiliki 3.843 kantor layanan PNM Mekaar dan 642 kantor layanan PNM ULaMM di seluruh Indonesia yang melayani UMK di 35 Provinsi, 432 Kabupaten/Kota, dan 6.018 Kecamatan.

Hadir dalam kegiatan tersebut,  Zaenuri Hamka selaku owner dari Purnama Shop dan Narasumber, oleh Ibu Heni Ernawati selaku Sekertaris Kecamatan Kopang,  Haji Salamudin selaku Offtaker Kerajinan Anyaman Bambu. (Lu-02)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More