Lombok Update News
The news is by your side.

UKM Gula Semut Pendorong Ekonomi Kreatif, Penunjang Desa Wisata

0 215

Lombok Tengah (lombokupdatenews) – Berbagai upaya dan bentuk usaha yang dilakukan masyarakat baik masyarakat menengat kebawah ,guna mendorong roda perekonomian mereka serta meramaikan produk usaha kecil menengah masyarakat,selain untuk memenuhi kebutuhan ekonomi mereka di masa masa pandemi seperti saat ini,salah satunya yakni usaha gula semut.
Didesa Wisata Karang Sidemen,kecamatan Batukliang Utara Lombok Tengah misalnya , produk Gula Semut menjadi salah satu jenis produk pelaku UKM yang digeluti sebagian besar masyarakat desa disana.
Sehingga setiap kali akan berkunjung ke desa wisata tersebut,selain objek wisata alamnya yang membentang dari selatan hingga utara ,maka wajib bagi anda untuk merasakan produk olahan dan adalan masyarakat karang sidemen.
Masyarakat sekitar kawasan penyangga obyek wisata berinovasi membuat sebuah produk yang berasal dari bahan baku Air Nira kemudian di olah menjadi sebuah produk berkualitas ekonomis agar nilai jual lebih tinggi.
Sri Yulianingsih salah seorang pegiat wisata dan sekaligus pelaku UKM yang ada di Desa Wisata Karang Sidemen mencoba membuat dan memproduksi Gula Semut untuk Oleh-Oleh kepada Wisatawan yang berkunjung ke Danau Biru dan Sekitarnya,di samping itu pengunjung juga bisa melihat langsung proses pembuatannya sekaligus bisa mencicipi dan menikmati seduhan Kopi plus gula Semut di Coffee Shop Gula Semut miliknya yang beralamat di Dusun Suntung Timur Desa Wisata Karang Sidemen Kecamatan Batukliang Utara Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat.
“usaha ini sudah berjalan 3 tahun sejak tahun 2019 sampai saat ini, usaha yang saya jalankan saat ini cukup terkenal di kalangan masyarakat Kabupaten Lombok Tengah, namun kondisi Pandemi belum selesai, sehingga kegiatannya membuat produksi gula semut berkurang yag berimbas ke berkurangnya kunjungan serta pembelian konsumen”tuturnya.
Selain itu produk gula semut selain unuk minuman juga dipercaya berkhasiat membantu proses kesehatan bagi yang mengkonsumsi gula semut,sehingga di yakini sangat cocok di konsumsi oleh orang -orang yang mempunyai riwayat penyakit DB karena kadar kalorinya yang rendah.
Beberapa manfaat kesehatan bagi pengkonsumsi gula semut,diantaranya dipercaya menanmbah Tenaga,mencegah anemia,melancarkan peredaran darah,mencegah diabetes,menormalkan kolestrol,dipercaya juga merupakan sumber anti oksidan,menjaga kesehatan kulit,mengandung anemenia Zat Besi serta masih banyak banyak manfaat kesehatan lainnya, dan juga masyarakat UKM karang sidemen juga memberikan berbagai pilihan dalam berbagai macam varian rasa,diantaranya varian rasa original, rasa kopi, rasa jahe ,dan rasa kedelai .
“Sehingga dengan adanya produk UKM Gula Semut di desa karang sidemen ini,sudah banyak membantu masyarakat kami disini dalam meningkatkan perekonomian kami,usaha gula semut saya di bawah UD lebah injan ini, sudah tersediai dalam bentuk kemasan dan dapat anda pesan langsung atau melalui COD atau Media Online yang anda baca saat ini.”Jelasnya sambil mempromosikan gula semutnya.(Lu06)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More