Lombok Update News
The news is by your side.

Warga Keluhkan Perilaku Masyarakat Buang Sampah di Sungai

0 108

Lombok Tengah, lombokupdatenews – Sejumlah warga bergotong royong membersihkan sampah yang berserakan di aliran sungai Lenek Desa Karang Sidemen Batukliang Utara Lombok Tengah.

Langkah ini dilakukan, guna mengurangi jumlah sampah yang menumpuk dan berserakan di sekitar Sungai Lenek.

“Sampah -sampah tersebut bersumber dari sampah yang di buang warga sembarangan, sampah tersebut  mengendap di sela-sela bebatuan,” ujar Irwandi warga setempat.

Ada banyak Jenis sampah yang dibuang kebanyakan berasal dari sampah rumah tangga dan Limbah Popok anak habis pakai dan terbungku menggunakan plastik serta karung.

“Sampah-sampah yang dibuang menyebabkan aliran sungai tersumbat serta mengeluarkan bau busuk terutama di sekitar kawasan wisata Air Terjun Penimpoh Datu Bajang,” jelasnya.

Kegiatan ini diharapakan bisa menjadi perhatian semua pihak agar sama- sama menjaga lingkungan serta tidak membuang sampah sembaranga yang menyebabkan kerusakan lingkungan.

“Kami berharap perhatian Pemdes Karang Sidemen dan Pemdes Lantan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat kedua desa untuk tidak lagi membuang sampah di jembatan penghubung dua desa yang ada sungai Lenek,” tutupnya.

Sementara, Efendi Ketua  Komunitas Masyarakat Peduli Sungai  sangat menyesalkan prilaku masyarakat yang tidak menyadari bahaya membuang sampah sembarangan, disamping merusak pemandangan juga bisa menimbulkan gangguan kesehatan akibat bau busuknya.

“Tumpukan sampah yang menyebabkan pencemaran lingkungan membuat warga tidak nyaman dan tidak enak dipandang mata. Selain ancaman serangan penyakit ke warga, ini juga nantinya bisa membuat wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata  akan mengeluh,” ujar dia. (Lu-07)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More