Lombok Update News
The news is by your side.

Wujudkan Pelestarian Budaya Serta Harmonisasi Masyarakat Dengan Alam,Warga Desa Karang Sidemen Laksanakan Ritual Tolak Balaq

0 191

Lombok tengah (lombokupdatenews) – Masyarakat di Desa Karang Sidemen Kecamatan Batukliang Utara Lombok Tengah menggelar ritual Tolak Bala, di objek wisata Danau Biru.
Selain sebagai upaya pelestarian Tradisi Leluhur, Ritual Tolak Bala ini juga sebagai untuk memohon keselamatan kepada sang Pencipta, agar dijauhkan dari segala marabahaya.

“Tradisi tolak balak dengan menyembelih kambing ini, merupakan tradisi turun temurun dilakukan masyarakat untuk memohon keselamatan agar terhindar dari bahaya,” Ujar Irwan, selalu ketua Pokdarwis Karang Sidemen.

Lebih lanjut Irwan menjelaskan, selain sebagai pelestarian budaya, tradisi ini juga sebagai ajang mempererat tali silaturahmi antar seluruh elemen masyarakat yang ada di desa Karang Sidemen.

“Karena masih masa pandemi, ritual kita lakukan secara terbatas, namun tidak mengurangi nilai sakral dari kebudayaan itu sendiri,” Jelasnya.

Di tempat yang sama tokoh adat desa Karang Sidemen Mahyudin menerangkan, Ritual Tolak Bala merupakan tradisi turun temurun yang sudah lama dilakukan masyarakat sekitar.

“Tradisi Sembelih Kambing adalah budaya orang tua dan nenek moyang kami dan masih di pertahankan oleh masyarakat kami, jadi perlu selalu kita lestarikan bersama sebagai budaya yang tidak dapat terpisah dari kehidupan social masyarakat Lombok,” Ucapnya.

Point penting dalam tradisi tolak balaq tersebut, selain melestarikan tradisi dan kepercayaan nenek moyang terdahulu, juga bermanfaat sebagai wahana pemersatu hubungan keharmonisan antara masyarakat dengan alam.

“Sehingga dapat diwujudkan hubungan yang satu yakni hubungan antara masyarakat bersama alam, sebagai bentuk pelestarian alam lingkungan serta pelestarian budaya Nenek Moyang.(Lu06)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More