Lombok Update News
The news is by your side.

Wujudkan Sport Tourism, Angkasa Pura I Dan Pemprov NTB Jadikan Eks-Bandara Selaparang Sebagai Lokasi MXGP Lombok 2023

0 104

Praya, (lombokupdatenews) – Indonesia kembali menjadi tuan rumah ajang balap motocros bergengsi dunia, FIM Motocross World Championship (MXGP). Tahun 2023 ini, Indonesia mendapat jatah dua seri yang keduanya digelar di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), yakni seri ke-10 di Sumbawa yang telah sukses digelar 24-25 Juni 2023 lalu dan seri ke-11 di Lombok yang akan dihelat 1-2 Juli 2023 besok.

Pemerintah Provinsi NTB menetapkan eks-Bandara Selaparang milik PT Angkasa Pura I sebagai lokasi sirkuit MXGP Lombok 2023. Kerja sama kedua pihak ini dilakukan sebagai upaya kolaboratif dan sinergis untuk memaksimalkan keberadaan lahan eks-Bandara Selaparang dalam ikut memajukan pertumbuhan ekonomi serta mendukung pengembangan Provinsi NTB sebagai destinasi sport tourism kelas dunia, khususnya motor sport.

“Kerjasama antara Pemprov NTB dan Angkasa Pura I dalam memanfaatkan lahan eks-Bandara Selaparang sebagai lokasi sirkuit MXGP ini diharapkan dapat mendorong kegiatan pariwisata dan perekonomian di Lombok sekaligus merupakan langkah awal untuk menjadikan tempat ini sebagai pusat MICE dan sport tourism di NTB,” ujar Gubernur NTB Zulkieflimansyah.

“Lahan eks-Bandara Selaparang merupakan salah satu aset idle Angkasa Pura I yang memiliki nilai strategis. Selain merupakan implementasi salah satu program transformasi bisnis, kerja sama optimalisasi lahan ini merupakan perwujudan salah satu fungsi perusahaan sebagai agent of development, yakni mendukung program pemerintah dalam berkontribusi mendorong pariwisata dan pertumbuhan ekonomi melalui optimalisasi aset,” kata General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Lombok Rahmat Adil Indrawan.

Menurut Adil, optimalisasi lahan eks-Bandara Selaparang sebagai sirkuit MXGP ini diharapkan dapat menjadi entry point bagi berbagai kegiatan lain di masa mendatang. “Sehingga ke depan diharapkan keberadaan eks-Bandara Selaparang yang ada di pusat Kota Mataram ini mampu memberikan dampak positif yang lebih luas kepada masyarakat Kota Mataram dan Provinsi NTB serta memiliki multiplier effect secara nasional,” imbuh Adil.

Sirkuit MXGP Selaparang memiliki panjang 1.600 meter dan didesain dengan 12 rintangan, 16 tikungan, serta beberapa area jumping. Sirkuit ini terbentang di atas landas pacu eks-Bandara Selaparang dengan view Gunung Rinjani. Dengan pemandangan sirkuit yang indah dan lokasi yang mudah dijangkau karena berada di tengah Kota Mataram, pihak panitia menargetkan sebanyak 100 ribu penonton akan menyaksikan secara langsung ajang MXGP Lombok ini.(Lu07)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More