Sejumlah Prestasi Diklaim Pathul-Nursiah Selama 5 Tahun Pimpin Lombok Tengah, Tidak Tanggung – tanggung sebanyak 33 Prestasi Membanggakan

Lombok Tengah, (lombokupdatenews) – Pemerintahan Pathul-Nursiah telah menorehkan banyak prestasi, penghargaan hingga program yang berdampak sangat positif untuk masyarakat Kabupaten Lombok Tengah.

Meskipun dilanda badai Covid-19 pada saat memulai pemerintahan pada tahun 2021 namun Pathul-Nursiah telah menunjukkan banyak prestasi gemilang.

Selain itu, keberadaan Pilkada serentak juga membuat pemerintahan Pathul-Nursiah tidak bisa menuntaskan hingga lima tahun.

Calon Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri mengatakan, meski adanya Covid-19 dan Pilkada serentak namun, Pathul-Nursiah memastikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) telah 100 persen pencapaiannya.

“Hasil ini bukan hanya hasil Pathul-Nursiah tetapi ini adalah kerja-kerja seluruh elemen masyarakat. Saya bupati dan beliau (HM Nursiah) wakil bupati tidak mampu berbuat seperti ini kalau tidak bersama-sama,” jelas Lalu Pathul Bahri di Praya, Senin, (21/10/2024).

Dikatakan Pathul, pihaknya tidak akan mampu berbuat banyak membangun Lombok Tengah jika tidak bersama-sama bersinergi dan berkolaborasi dengan seluruh lapisan masyarakat.

Berbagai keberhasilan tersebut membuat Pathul-Nursiah Jilid II berikhtiar kembali bertarung pada pilkada Lombok Tengah 2024.

Selama kurang lima tahun pimpin Lombok Tengah, berikut deretan prestasi, penghargaan dan berbagai program unggulan Pathul-Nursiah:

1. Penghargaan oleh Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) Prof. Abdul Halim Iskandar atas pengakuan pemerintahan Lalu Pathul Bahri bersama Nursiah dianggap mampu menjadikan Lombok Tengah sebagai daerah maju dan berkembang pesat Tahun 2024.

2. Penghargaan tingkat Provinsi sebagai Kabupaten Terbaik dalam penyelenggaraan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan di Nusa Tenggara Barat Tahun 2024

3. Kabupaten Lombok Tengah pada MTQ ke XXX tingkat Provinsi NTB yang diselenggarakan di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) berhasil menjadi juara umum Tahun 2024

4. Pemkab Lombok Tengah terima penghargaan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) saat acara Peringatan Hari Neglected Tropical Diseases (NTDs) atau Penyakit Tropis Terabaikan Sedunia tahun 2024

5. Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah Raih Penghargaan UHC Awards 2024

6. Pemkab Lombok Tengah kembali meraih Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke 12 kali dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) atas audit Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2023.

7. Angka kemiskinan ekstrem terendah di NTB: Pada tahun 2023, angka kemiskinan ekstrem di Lombok Tengah turun menjadi 0,72%, di bawah target nasional sebesar 14%.

8. Pertumbuhan ekonomi meningkat: Pada tahun 2023, pertumbuhan ekonomi Lombok Tengah mencapai 5,77%, naik dari 3,55% pada tahun sebelumnya.

9. Pemkab Lombok Tengah menjadi satu-satunya kabupaten di wilayah Bali-Nusa Tenggara yang menerima penghargaan Paritrana Award Tahun 2024. Lalu Pathul Bahri juga diundang untuk menerima penghargaan Paritrana Award tingkat Nasional di Jakarta pada 12 September 2024.

10. Anugerah Kabupaten Progresif dalam Diseminasi Informasi Publik kepada Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah Tahun 2023

11. Pemkab Lombok Tengah Raih Penghargaan Kabupaten Progresif dalam Diseminasi Informasi Tahun 2023

12. Pemkab Lombok Tengah gelar aksi solidaritas dan doa bersama untuk rakyat Palestina, khususnya di Gaza. Dari aksi tersebut, juga berhasil terkumpul dana Rp1,8 miliar pada Tahun 2023.

13. Pemerintah kabupaten Lombok Tengah Raih Penghargaan Indonesia Awards 2023 Berkat Inisiasi Beasiswa non APBD Kuliah Kedokteran

14. Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri meraih penghargaan sebagai tokoh Indonesia yang memiliki inovasi dan kreatifitas dalam memajukan daerahnya baik dalam bidang ekonomi, kesehatan, pendidikan dan lainnya dari Majalah TEMPO di Jakarta Tahun 2023.

16. Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah sebagai pemerintahan paling informatif, dan membantu tata kelola pemerintahan yang baik dan transparan. Penghargaan ini diberikan oleh Direktur Pemberitaan Tribun Network, Febby Mahendra Putra tahun 2023.

17. Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri meraih penghargaan nasional sebagai Tokoh Penggerak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada Indonesia Entrepreneurs Challenge (IEC) tahun 2023.

19. Apresiasi Tokoh Indonesia untuk Kategori Peningkatan Sumber Daya Manusia dan Pendidikan yang diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas pada Tahun 2023.

20. Piagam penghargaan Adhikarya Pembangunan Pertanian diserahkan di Aula Istana Wakil Presiden Republik Indonesia, yang diterima Bupati Lombok Tengah, HL Pathul Bahri di Jakarta, pada tahun 2023.

21. Penyumbang terbanyak satuan pendidikan yang melaksanakan Implementasi Kurikulum Merdeka: Ada 911 satuan pendidikan yang menjadi pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka secara mandiri

22. Diseminasi informasi perhelatan MotoGP di Pertamina International Sircuit Mandalika Lombok Tengah: Diseminasi informasi ini membuat NTB viral dan terkenal secara nasional

23. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) naik tajam: IPM Lombok Tengah naik dari 66,72 di 2021 menjadi 70,41 di 2023.

24. Desa Semparu Kecamatan Kopang Kabupaten Lombok Tengah menjadi Juara 1 pada Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi NTB dengan Total Nilai 1.013,65 pada Tahun 2023

25. Kabupaten Lombok Tengah berhasil mempertahankan predikat sebagai kabupaten “Informatif” dan tetap berada di peringkat keempat, sejalan dengan prestasi pada tahun 2022 yang dinilai oleh Komisi Informasi Provinsi NTB.

26. Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah dikategorikan sebagai daerah paling konsisten mempertahankan status kepatuhan terhadap standar pelayanan publik tahun 2022 dari Ombudsman RI.

27. Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mendapatkan nilai 89,91 tingkat kepatuhan pelayanan publik yang dilakukan oleh Ombudsman Republik Indonesia pada acara penganugerahan predikat kepatuhan tinggi standar pelayanan publik tahun 2021 di Jakarta.

28. Memberikan intensif atau gaji pada sekitar 1642 pengurus masjid (marbot)

29. Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri berhasil meraih dua penghargaan bergengsi sekaligus dari Gubernur NTB dan Kapolda NTB karena menjadikan Lombok Tengah sebagai kabupaten dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di Provinsi NTB pada 2021 lalu.

30. Kabupaten Lombok Tengah juga masuk terbaik nomor 5 di Indonesia bagian timur untuk 9 sektor pada tahun 2021

31. Apresiasi dari Gubernur NTB kepada pemkab Lombok Tengah yang telah berupaya maksimal dalam pencapaian ODF/Stop Buang Air Besar Sembarangan, Tuntas Pilar 1 STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) Tahun 2021

32. Peluncuran program Liga Sinova (Lombok Tengah Innovative Government Award – Sistem Inovasi Daerah) 2023

33. Pemkab Lombok Tengah menerima penghargaan dari Bank Dunia atas keberhasilan melakukan pengelolaan dana pinjaman dari Sarana Multi Infrastruktur (SMI) guna meningkatkan pembangunan di daerah setempat tahun 2022. (Lu01)