Pancasila Sebagai Ideologi Pemersatu Bangsa, Dandim 1620 Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Lombok Tengah, (lombokupdatenews) – Komandan Kodim 1620/ Lombok Tengah, Letkol Kav. Andi Yusuf Kertanagara, memimpin lansung upacara peringati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2024, di lapangan upacara Makodim, Praya, Selasa (1/10).

Upacara di hadiri oleh Kasdim berserta seluruh perwira staf, para Daramil dan
seluruh jajaran personel TNI,maupun PNS.

Dalam amanatnya, Letkol Kav Andi Yusuf Kertanegara menekankan pentingnya Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia.

Ia mengajak seluruh peserta upacara untuk terus menjaga keutuhan Pancasila sebagai ideologi yang mempersatukan bangsa, serta menanamkan nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya dalam kehidupan sehari-hari.

“Momentum hari kesaktian pancasila ini harus menjadi pengingat bagi kita semua bahwa pancasila adalah pilar utama dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa” hehe

“Mari kita jadikan Pancasila sebagai pedoman dalam menghadapi segala tantangan, baik dari dalam maupun dari luar” ungkapnya

Upacara ini berlangsung khidmat dengan diawali penghormatan kepada arwah para pahlawan yang telah gugur dalam membela dan mempertahankan ideologi Pancasila.

Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan ikrar oleh perwakilan peserta upacara, sebagai wujud komitmen bersama dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan.

Letkol Kav Andi Yusuf Kertanagara juga menyampaikan bahwa semangat persatuan dan kesatuan harus terus dijaga oleh seluruh elemen masyarakat”

Terutama dalam menghadapi ancaman ideologi yang dapat merusak persatuan bangsa. “Kita harus selalu waspada terhadap segala bentuk upaya yang ingin merongrong ideologi Pancasila.

Upacara diakhiri dengan doa bersama sebagai bentuk rasa syukur atas anugerah dan kekuatan yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada bangsa Indonesia. Semangat persatuan yang diwujudkan dalam upacara ini diharapkan dapat terus hidup di dalam hati rakyat bangsa indonesia.(Lu01)