Wisuda Ke 5 : Menteri Sandiaga Uno,Lulusan Poltekpar Lombok Garda Terdepan Ciptakan Dunia Kerja

Wisuda Ke 5 : Menteri Sandiaga Uno,Lulusan Poltekpar Lombok Garda Terdepan Ciptakan Dunia Kerja

Menteri Sandiaga Uno,Lulusan Poltekpar Lombok Siap Ciptakan Dunia Kerja

Wisuda Ke 5 Poltekpar Lombok,70 Persen Lulusan Siap ciptakan Dunia Kerja

 

Lombok Tengah, (lombokupdatenews) – Politeknik Pariwisata (Poltekpar ) Lombok,kampus yang berlokasi di desa Puyung kecamatan Jonggat kabupaten Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat,menggelar wisuda ke V di Gelanggang Olah Raga (GOR) Poltekpar Lombok.Sabtu 21 September 2024.

Sebanyak 271 wisudawan resmi menyelesaikan pendidikan dan siap terjun ke dunia kerja serta mengembangkan karier di bidang kewirausahaan.

Wisuda ke-V dengan Tema ‘Harmoni Hijau dan Budaya Lombok’,Siapkan 271 Wisudawan Terjun ke Dunia Kerja dan Berwirausaha*,dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf RI) melalui video Tapping.

Dalam sambutannya Direktur Poltekpar Lombok Dr Ali Muhtasom, A.Md., MM., CHCM. CHE.menyampaikan,271 wisudawan yang hari ini di wisuda adalah mahasiswa mahasiswi yang telah memiliki skil dan potensi untuk bukan hanya memasuki dunia kerja,namun akan mampu menciptakan lapangan kerja dengan menjadi pengusaha –pengusaha sukses dibidang pariwisata.

Wisuda Poltekpar Lombok tahun 2024 adalah bukti dari dedikasi dan kerja keras para lulusan yang siap menghadapi tantangan di masa depan. Mereka berangkat dengan bekal ilmu, semangat dan tekad untuk meraih sukses.

Dr Ali juga menyebut, jumlah mahasiswa yang di wisuda selama Poltekpar Lombok berdiri sebanyak 1.492 lulusan yang terdiri dari 314 lulusan di wisuda I tahun 2020, kemudian 341 lulusan pada wisuda II tahun 2021, 293 lulusan pada wisuda III tahun 2022, 273 lulusan pada wisuda IV tahun 2023 dan 271 lulusan pada tahun 2024.

Sebagai upaya untuk mendukung penyerapan alumni ke dunia kerja dan industri,Politeknik Pariwisata Lombok telah menghadirkan Career Expo ke-4 yang telah diselenggarakan pada tanggal 17-18 September 2024 di De Balen Soultan Hotel.

Acara ini dilaksanakan setiap tahun sebelum pelaksanaan wisuda untuk mempertemukan alumni PPL dengan para industri/perusahaan penyedia pekerjaan serta sebagai strategi PPL dalam memastikan bahwa para alumninya telah mendapatkan pekerjaan pada saat di wisuda.

” Kami juga ingin menyampaikan bahwa Politeknik Pariwisata Lombok terus melakukan pembenahan dari berbagai aspek tri darma perguruan tinggi yang meliputi pendidikan, penelitian, dan pengbdian kepada masyarakat. Disamping itu, perbaikan pembangunan fasilitas penunjang untuk mendukung aktifitas tri darma perguruan tinggi di lingkungan Politeknik Pariwisata Lombok juga terus berjalanan untuk memastikan Link and Macth antara PPL dengan dunia industri pariwisata yang sangat dinamis

Pada wisuda angkatan ke-5 ini,Politeknik Pariwisata Lombok meluluskan sebanyak 271 alumni. Dengan penuh kebanggaan, saya (Direktur) sampaikan bahwa 90 persen alumni/wisudawan tahun ini telah mencapai prestasi yang sangat membanggakan, ada yang bekerja, berwirausaha dan melanjutkan Pendidikan jenjang S2 dan bahkan juga ada yang sudah bekerja sambal berwirausaha.

Dengan 65,10 persen alumni/wisudawan telah bekerja di berbagai sektor industri,baik di dalam maupun luar negeri. 33,21 persen alumni/wisudawan memilih untuk menjadi wirausahawan,menciptakan peluang kerja bagi diri mereka sendiri dan orang lain.
10,39 persen alumni/wisudawan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, memperdalam ilmu yang telah mereka peroleh.Sementara itu, 2,9 persen alumni/wisudawan sedang dalam proses rekrutmen dan penempatan di berbagai perusahaan.

Sebelum mengahiri sambutannya Dr Ali mengucapkan selamat kepada mahasiswa/i selamat melanjutkan petuangan dan jelajahi dunia.Dan selamat atas prestasi yang diraih.Jadilah alumni yang mampu mengembangkan pariwisata NTB. Terus harumkan nama keluarga dan almater.

Sedangkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.BA., M.BA., menyampaikan harapannya kepada para wisudawan. “Wisuda bukanlah akhir, melainkan langkah awal untuk memulai kehidupan.Kami berharap lulusan Poltekpar Lombok tidak hanya sukses di industri pariwisata, tetapi juga mampu membuka lapangan kerja dengan menjadi wirausahawan,” ungkapnya.

Wisuda ke-V Poltekpar Lombok kali ini meluluskan 271 alumni, di mana 65,10 persen alumni telah bekerja di sektor pariwisata dalam dan luar negeri, 33,21 persen menjadi wirausahawan, dan 10,39 persen alumni memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Hal ini sejalan dengan slogan Poltekpar Lombok, “Kalau mau cepat kerja dan berwirausaha, kuliahnya di Poltekpar Lombok aja”.

Menteri Uno berpesan kepada para mahasiswa/i bahwa masa depan ekonomi bangsa ini ada di pundak generasi muda dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif hadir untuk mendukung kesuksesan para wisudawan/wisudawati.

“Selamat kepada adik adik mahasiswa/i mari gali potensi di lapangan serta mampu menjadi garda terdepan.Kalau mau cepat kerja dan berwirausaha, kuliahnya di Poltekpar Lombok aja”,

Sementara Sekertaris Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Dra. Ni Wayan Giri Adnyani M.Sc.,CHE menyampiakan,Poltekpar bukan sebuah institusi pendidikan yang menambah jumlah pengangguran,tapi justru mengatasi dan memberikan solusi untuk mengurangi pengangguran.

Keberhasilan Poltekpar Lombok ini bukti kerja keras yang telah dilakukan,oleh sebab itu ia mengaku bangga atas prestasi dan kegigihan ini.

Lulusan poltekpar adalah lulusan yang sudah
memiliki potensi untuk memasuki dunia kerja dan menciptakan lapangan kerja dengan menjadi pengusaha-pengusaha.

“Wisuda ini bentuk tanggungjawab kampus kepada bangsa dan negara. Sebagai insan pariwisata harus memiliki kemampuan dalam inovasi, dan kolaborasi,” ucapnya

Dan dari survei membuktikan dari 70 persen lulusan Politeknik Pariwisata di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sudah mendapatkan pekerjaan,sisanya sebanyak 30 persen ingin memulai usahanya sendiri.

“ini adalah sebuah institusi pendidikan yang tidak menambah angka pengangguran tetapi justru mengatasi dan memberikan solusi untuk mengurangi pengangguran,” katanya.

Selamat kepada alumni Poltekpar Lombok jadilah garda terdepan,kami yakin di NTB mereka akan menampilkan sisi terbaik dari lulusan poltekpar se-Indonesia, akan mampu untuk membuka peluang usaha,” pungkasnya.

Terpisah Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri mengucapkan selamat kepada para wisudawan-wisudawati atas keberhasilannya telah menyelesaikan pendidikan di kampus Politeknik pariwisata Lombok.Kampus kebanggaan masyarakat NTB.

“Semoga keberhasilan yang didapat, menjadi pembuka jalan untuk meraih apa yang telah adik – adik cita-citakan selama ini. Jadikan seluruh ilmu dan keahlian serta pengalaman yang peroleh,sebagai bekal hidup,” ujarnya.

Pada wisuda ke v ini juga di hadiri Kepala Pusat Pengembangan SDM Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Badan Pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,Dr. Andar Danova L. Goeltom S.Sos.,M.Sc.,CPM,serta seluruh direktur Poltekpar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.(Lu01)